Headlines News :
Home » » Kejadian Saat Hari Kiamat Tiba

Kejadian Saat Hari Kiamat Tiba

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Tak seorang pun pernah melihat seperti apa kiamat jika terjadi.
Artikel ini di dukung Al-Qur'an dan hadits-hadits shahih. 
Semua orang didunia ini mengakui bahwa peristiwa kiamat, hancur dan musnahnya seluruh kehidupan dibumi ini pasti akan terjadi. Namun tidak seorangpun tahu kapan peristiwa itu akan terjadi. Musnah dan hancurnya seluruh kehidupan dibumi ini dapat dijelaskan secara ilmiah. Semua peralatan teknologi didunia ini mempunyai lifetime, jika habis lifetime-nya peralatan tersebut akan rusak dan tidak berfungsi lagi. Diyakini bumi, matahari, bulan dan seluruh system ditata surya dan alam semesta ini masing masing mempunyai life time. Diruang angkasa saat ini banyak ditemukan bintang yang sudah habis life time nya sedang sekarat dan dalam proses kemusnahan. Satu ketika matahari dan seluruh planet didalam tatasurya termasuk bumi ini juga akan mengalami nasib yang sama seperti bintang yang sedang sekarat itu.


Pada saat kiamat nanti akan terjadi kepanikan yang sangat dahsyat, Gedung-gedung dan bangunan bertingkat hancur ber-terbangan. Air laut dengan gelombang setinggi gunung naik kedaratan sampai puluhan kilometer menghanyutkan semua yang dilaluinya. Gunung-gunung meletus secara serentak, hingga hancur menjadi batu-batu panas yang beterbangan. Tanah belah dan merekah mengeluarkan lumpur dan lahar panas. Tidak ada satu tempatpun yang aman dimuka bumi ini. Tidak ada mahluk hidup yang bisa bertahan dari kehancuran dihari itu. Seluruh manusia panik, menyelamatkan diri masing masing. Harta benda tidak ada artinya lagi, orang tidak peduli lagi dengan emas, berlian, mobil dan rumah mewah yang dimilikinya. Mereka diliputi ketakutan yang sangat, berusaha menyelamatkan diri-masing masing dari keganasan alam diwaktu itu. Tidak ada tolong menolong dihari itu, setiap orang berusaha menyelamatkan dirinya sendiri, mereka tidak mampu menolong atau menyelamatkan istri, anak, suami, orang tua atau teman yang mereka sayangi. Manusia dalam keadaan panik, takut dan kalut, tidak berdaya menyelamatkan diri sendiri apalagi untuk menolong orang lain, mereka tidak perduli lagi dengan harta yang mereka miliki.
Peristiwa tersebut banyak dikisahkan dalam Al-Qur’an, antara lain

(Q.S. Al Waqi’ah 56 :  1-6)

Terjemahan Text Qur'an Ayat
Apabila terjadi hari kiamat, إِذَا وَقَعَتِ الْوَاقِعَةُ 1
terjadinya kiamat itu tidak dapat didustakan (disangkal). لَيْسَ لِوَقْعَتِهَا كَاذِبَةٌ 2
(Kejadian itu) merendahkan (satu golongan) dan meninggikan (golongan yang lain), خَافِضَةٌ رَافِعَةٌ 3
apabila bumi digoncangkan sedahsyat-dahsyatnya, إِذَا رُجَّتِ الأرْضُ رَجًّا 4
dan gunung-gunung dihancur luluhkan sehancur-hancurnya, وَبُسَّتِ الْجِبَالُ بَسًّا 5
maka jadilah dia debu yang beterbangan, فَكَانَتْ هَبَاءً مُنْبَثًّا 6


 (Q.S. At Takwir 81 : 1-6)

Terjemahan Text Qur'an Ayat
Apabila matahari digulung, إِذَا الشَّمْسُ كُوِّرَتْ 1
dan apabila bintang-bintang berjatuhan, وَإِذَا النُّجُومُ انْكَدَرَتْ 2
dan apabila gunung-gunung dihancurkan, وَإِذَا الْجِبَالُ سُيِّرَتْ 3
dan apabila unta-unta yang bunting ditinggalkan (tidak diperdulikan), وَإِذَا الْعِشَارُ عُطِّلَتْ 4
dan apabila binatang-binatang liar dikumpulkan, وَإِذَا الْوُحُوشُ حُشِرَتْ 5
dan apabila lautan dipanaskan, وَإِذَا الْبِحَارُ سُجِّرَتْ 6





(Q.S. Insyiqoq 84 : 1-5)


Terjemahan Text Qur'an Ayat
Apabila langit terbelah, إِذَا السَّمَاءُ انْشَقَّتْ 1
dan patuh kepada Tuhannya, dan sudah semestinya langit itu patuh, وَأَذِنَتْ لِرَبِّهَا وَحُقَّتْ 2
dan apabila bumi diratakan, وَإِذَا الأرْضُ مُدَّتْ 3
dan memuntahkan apa yang ada di dalamnya dan menjadi kosong, وَأَلْقَتْ مَا فِيهَا وَتَخَلَّتْ 4
dan patuh kepada Tuhannya, dan sudah semestinya bumi itu patuh, (pada waktu itu manusia akan mengetahui akibat perbuatannya). وَأَذِنَتْ لِرَبِّهَا وَحُقَّتْ 5





(Q.S. Al Qori’ah 101 : 1-5)

Terjemahan Text Qur'an Ayat
Hari Kiamat, الْقَارِعَةُ 1
apakah hari Kiamat itu? مَا الْقَارِعَةُ 2
Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu? وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْقَارِعَةُ 3
Pada hari itu manusia seperti anai-anai yang bertebaran, يَوْمَ يَكُونُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوثِ 4
dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan. وَتَكُونُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوشِ 5



Ketika Rasulullah ditanyakan tentang kapan terjadinya peristiwa kiamat itu, beliau mengambil sepotong kain, kemudian merobeknya hingga hampir putus. Beliau mengatakan antara aku dan saat kiamat seperti kain yang hampir putus ini (sudah sangat dekat). Pada kesempatan lain beliau mengatakan :” Antara aku dan saat kiamat seperti telunjuk dengan ibu jari ini ” . Pernah juga beliau mengatakan bahwa antara beliau dengan saat kiamat sepeti saat asar dengan maghrib (sudah dekat), padahal antara Rasulullah dengan kita pada saat ini sudah berlalu sekitar 1400 tahun lebih.
Didunia maya banyak dibahas tentang kemungkinan terjadinya kiamat pada tahun 2012, berdasarkan calendar suku Maya di Amerika latin. Para ahli juga memperkirakan ada planet Raksasa (Nibiru) yang saat ini sedang bergerak menuju system matahari kita, Jika planet tersebut masuk kedalam orbit matahari bisa menimbulkan kekacauan pada bumi kita. Planet Nibiru adalah salah satu planet yang mengelilingi matahari dengan orbit berbentuk ellips. Planet ini mendekati orbit bumi setiap 3600 tahun sekali, diperkirakan 50 tahun lagi planet tersebut akan berada sangat dekat dengan bumi. Planet tersebut mempunyai medan magnit yang lebih kuat dari bumi dan arah putaran berlawanan arah dengan bumi, kehadiran planet tersebut dapat mengakibatkan timbulnya badai, gelombang besar, gempa dan kekacauan serta berubahnya arah putaran bumi , akibatnya matahari bisa terbit dari barat….nah kalau begini apa nggak jadi kacau. Ada juga para ahli yang memperkirakan satu ketika kelak akan terjadi tabrakan antara bumi dengan salah satu asteroid sekitar tahun 2036. Perusahaan film Hollywood juga membuat beberapa film yang menceritakan peristiwa tabrakan antara bumi dengan asteroid ini seperti Film Armagedon dan Deep impack. Kisah tentang planet Nibiru ini bisa anda dapatkan di Internet dengan kalimat kunci pencarian via goggle atau Yahoo ” ancaman planet nibiru”

Saat kiamat itu sulit diperkirakan kapan terjadinya , tidak ada yang mengetahui kapan terjadinya peristiwa kiamat selain Allah . Perhatikan firman Allah dalam surat Al A’raaf 187 berikut ini:


Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui". يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي لا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلا هُوَ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ لا تَأْتِيكُمْ إِلا بَغْتَةً يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لا يَعْلَمُونَ 187

Kita tidak pernah tahu kapan terjadinya kiamat besar (total) yaitu hancur dan musnahnya bumi ini beserta semua isinya. Namun sebelum terjadinya kiamat total kita akan menemukan banyak peristiwa kiamat kecil, berupa bencana dan kehancuran pada sebagian wilayah dibumi ini. Pada akhir akhir ini kita banyak mendengar dan menyaksikan kiamat kecil yang merenggut nyawa ratusan ribu orang dalam tempo yang singkat. Misalnya bencana tsunami di Aceh yang merenggut nyawa 160.000 orang dalam sekejap mata, bencana jebolnya waduk situ Gintung, Gempa bumi dan badai di Muangthai dan China yang merenggut nyawa ratusan ribu orang dalam sekejap mata. Dan banyak lagi bencana alam lainnya yang mendatangkan kematian secara masal, semua itu terjadi secara tidak terduga dan dalam waktu yang sangat singkat.

Bukan tidak mungkin pada satu ketika akan terjadi becana dahsyat yang melenyapkan nyawa ratusan juta orang dalam waktu yang singkat, bukan ratusan ribu seperti yang sering terjadi dewasa ini. Apa yang terjadi jika sebuah asteroid raksasa sebesar kota Jakarta ini jatuh di laut Fasifik atau laut Atlantik. Gelombang laut setinggi gunung akan menghantam seluruh kota yang berada di pantai lautan Fasifik, Los Angeles, Sydney, Hongkong, Hawai, Tokyo, Jakarta, dan lain lain akan lenyap dalam sekejap mata. Puluhan bahkan ratusan juta orang akan tewas dalam sekejap mata. Jika Asteroid itu jatuh didaratan Asia, Eropa atau Amerika efeknya pun akan lebih parah lagi , debu dan batu akan berhamburan menutupi angkasa, dunia akan gelap selama bertahun tahun karena angkasa tertutup debu seperti pernah terjadi 65 juta tahun yang lalu yang menyebabkan lenyapnya Dinosaurus dari permukaan bumi. Suhu bumi akan turun drastis, kematian terjadi dimana mana. Bagaimana paniknya manusia ketika terjadi gelombang tsunami.


Kejadian kiamat adalah kejadian yang tidak bisa dibantah, semua manusia yang hidup diabad modern ini mengakui bahwa pada suatu saat nanti kejadian tersebut pasti akan terjadi. Fakta hancur dan musnahnya kehidupan sekelompok orang dalam sekejap mata akibat bencana alam adalah kejadian nyata yang sering kita saksikan dizaman ini. Sama dengan fakta bahwa setiap orang yang hidup didunia ini pasti akan mengalami kematian, maka musnah dan berakhirnya semua kehidupan dibumi ini tidak ada seorangpun yang dapat membantahnya. Semua orang sepakat bahwa peristiwa kiamat pasti terjadi, namun mereka tidak sepakat bahwa sesudah kematian ada kehidupan lagi kelak diakhirat . Ada yang percaya bahwa dibalik kematian ada kehidupan lagi dialam akhirat kelak. Namun banyak pula manusia yang tidak percaya, mereka beranggapan bahwa kehidupan ini akan berakhir dengan datangnya kematian. Hidup hanya didunia ini saja, setelah datang kematian berakhir pulalah kehidupan itu. Pernyataan orang yang berpendapat seperti itu diabadikan dalam Al Qur’an surat al Mukminun ayat 37 , 82 dan Al Jatsiyah ayat 24 :


kehidupan itu tidak lain hanyalah kehidupan kita di dunia ini, kita mati dan kita hidup dan sekali-kali tidak akan dibangkitkan lagi.  (Al Mukminun 37) إِنْ هِيَ إِلا حَيَاتُنَا الدُّنْيَا نَمُوتُ وَنَحْيَا وَمَا نَحْنُ بِمَبْعُوثِينَ 37


Mereka berkata: "Apakah betul, apabila kami telah mati dan kami telah menjadi tanah dan tulang belulang, apakah sesungguhnya kami benar-benar akan dibangkitkan? (Al Mukminun 82) قَالُوا أَئِذَا مِتْنَا وَكُنَّا تُرَابًا وَعِظَامًا أَئِنَّا لَمَبْعُوثُونَ 82


Dan mereka berkata: "Kehidupan ini tidak lain hanyalah kehidupan di dunia saja, kita mati dan kita hidup dan tidak ada yang membinasakan kita selain masa", dan mereka sekali-kali tidak mempunyai pengetahuan tentang itu, mereka tidak lain hanyalah menduga-duga saja. (Al Jatsiyah 24 ) وَقَالُوا مَا هِيَ إِلا حَيَاتُنَا الدُّنْيَا نَمُوتُ وَنَحْيَا وَمَا يُهْلِكُنَا إِلا الدَّهْرُ وَمَا لَهُمْ بِذَلِكَ مِنْ عِلْمٍ إِنْ هُمْ إِلا يَظُنُّونَ 24

Dunia ini hanyalah tempat singgah sementara, kehidupan yang sebenarnya dan abadi adalah kehidupan diakhirat kelak. Semua kita pasti akan mengalami kematian, mau tidak mau, suka atau tidak suka jika tiba saatnya kita akan dipaksa meninggalkan dunia ini. Ditempatkan Allah dialam Barzakh menunggu saat datangnya hari kiamat (kebangkitan). Mari kita persiapkan perbekalan untuk kehidupan sesudah mati kelak. Kematian dan peristiwa kiamat total hanya proses perpindahan dari alam dunia kealam akhirat, orang beriman dan yakin pada Allah dan kehidupan akhirat tidak pernah takut dan gentar menghadapi proses ini

Hadits-Hadits Bab Kiamat

1. Allah akan Menggenggam Bumi dan Langit Terlipat Di Tangan Kanan-Nya pada Hari Kiamat
عن عَبْد اللَّهِ بْن عُمَرَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَطْوِي اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ السَّمَاوَاتِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ثُمَّ يَأْخُذُهُنَّ بِيَدِهِ الْيُمْنَى ثُمَّ يَقُولُ أَنَا الْمَلِكُ أَيْنَ الْجَبَّارُونَ أَيْنَ الْمُتَكَبِّرُونَ ثُمَّ يَطْوِي الْأَرَضِينَ بِشِمَالِهِ ثُمَّ يَقُولُ أَنَا الْمَلِكُ أَيْنَ الْجَبَّارُونَ أَيْنَ الْمُتَكَبِّرُونَ
1955- Dari Ibnu Umar RA, dia berkata, "Rasulullah SAW telah bersabda, 'Pada hari kiamat kelak, Allah Subhanahu wa Ta'ala akan melipat langit. Setelah itu, Allah akan menggenggamnya dengan tangan kanan-Nya sambil berkata, 'Akulah Sang Maha Raja. Di manakah sekarang orang-orang yang selalu berbuat sewenang-wenang? dan di manakah orang-orang yang selalu sombong dan angkuh? Setelah itu, Allah akan melipat bumi dengan tangan kiri-Nya sambil berkata,  'Akulah Sang Maha Raja. Di manakah sekarang orang-orang yang sering berbuat sewenang-wenang? di manakah orang-orang yang sombong?'" {Muslim 8/126}

2. Sifat Bumi pada Hari Kiamat Nanti
عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُحْشَرُ النَّاسُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ عَلَى أَرْضٍ بَيْضَاءَ عَفْرَاءَ كَقُرْصَةِ النَّقِيِّ لَيْسَ فِيهَا عَلَمٌ لِأَحَدٍ.
1956- Dari Sahal bin Sa'ad RA, dia berkata, "Rasulullah SAW telah bersabda, 'Pada hari kiamat kelak manusia akan dikumpulkan di bumi yang sangat putih berbentuk bulat pipih dan datar tanpa ada di atasnya tanda bagi siapapun.'" {Muslim 1/127}
3. Setiap Orang akan Dibangkitkan seperti dalam keadaan ketika mati
عَنْ جَابِرٍ قَالَ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ يُبْعَثُ كُلُّ عَبْدٍ عَلَى مَا مَاتَ عَلَيْهِ.
1957- Dari Jabir RA, dia berkata, "Saya pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda, 'Setiap orang akan dibangkitkan seperti keadaan ketika ia mati:" {Muslim 8/165}
4. Manusia Dibangkitkan Menurut Amal Masing-masing
عن عَبْد اللَّهِ بْن عُمَرَ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِقَوْمٍ عَذَابًا أَصَابَ الْعَذَابُ مَنْ كَانَ فِيهِمْ ثُمَّ بُعِثُوا عَلَى أَعْمَالِهِمْ.
1958- Dari Abdullah bin Umar RA, dia berkata, "Saya pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda, 'Apabila Allah bermaksud untuk mengadzab suatu kaum, maka adzab tersebut akan menimpa semua orang bersama kaum tersebut. Setelah itu mereka akan dibangkitkan menurut amal perbuatannya masing-masing"'' {Muslim 8/165}
5. Manusia akan Dikumpulkan di Padang Mahsyar Tanpa Alas Kaki, Tanpa Pakaian, dan Tanpa Dikhitan
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ يُحْشَرُ النَّاسُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حُفَاةً عُرَاةً غُرْلًا قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ النِّسَاءُ وَالرِّجَالُ جَمِيعًا يَنْظُرُ بَعْضُهُمْ إِلَى بَعْضٍ قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا عَائِشَةُ الْأَمْرُ أَشَدُّ مِنْ أَنْ يَنْظُرَ بَعْضُهُمْ إِلَى بَعْضٍ.
1959- Dari Aisyah RA, dia berkata, "Saya pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda, 'Pada hari kiamat, umat manusia akan dikumpulkan di padang Mahsyar tanpa alas kaki, tanpa pakaian, dan tidak dikhitan.' Saya bertanya, "Ya Rasulullah, apakah laki-laki dan perempuan bercampur baur dengan saling melihat seperti itu?" Rasulullah SAW menjawab, "Hai Aisyah, sesungguhnya kesulitan mereka jauh melebihi keinginan untuk saling melihat." {Muslim 8/156}
6.  Manusia Dikumpulkan dalam Beberapa Kelompok
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يُحْشَرُ النَّاسُ عَلَى ثَلَاثِ طَرَائِقَ رَاغِبِينَ رَاهِبِينً وَاثْنَانِ عَلَى بَعِيرٍ وَثَلَاثَةٌ عَلَى بَعِيرٍ وَأَرْبَعَةٌ عَلَى بَعِيرٍ وَعَشَرَةٌ عَلَى بَعِيرٍ وَتَحْشُرُ بَقِيَّتَهُمْ النَّارُ تَبِيتُ مَعَهُمْ حَيْثُ بَاتُوا وَتَقِيلُ مَعَهُمْ حَيْثُ قَالُوا وَتُصْبِحُ مَعَهُمْ حَيْثُ أَصْبَحُوا وَتُمْسِي مَعَهُمْ حَيْثُ أَمْسَوْا.
1960- Dari Abu Hurairah RA dari Nabi Muhammad SAW, beliau bersabda, "Manusia akan dikumpulkan, pada hari kiamat kelak, dalam tiga kelompok; Kelompok pertama, orang-orang yang dalam kesenangan bercampur keharuan. Kelompok kedua, orang-orang yang naik  kendaraan, ada dua orang yang mengendarai seekor hewan, ada tiga orang yang mengendarai seekor hewan, ada empat orang yang mengendarai seekor hewan, dan ada sepuluh orang yang mengendarai seekor hewan. Kelompok ketiga, orang-orang selain mereka di atas dimana mereka akan dikepung api. Api tersebut akan mengepung mereka pada malam, pagi, siang dan sore hari. {Muslim 8/157}
7.  Orang Kafir akan Digiring Sambil Berjalan dengan Wajahnya pada Hari Kiamat
عن أَنَس بْن مَالِكٍ أَنَّ رَجُلًا قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ كَيْفَ يُحْشَرُ الْكَافِرُ عَلَى وَجْهِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ قَالَ أَلَيْسَ الَّذِي أَمْشَاهُ عَلَى رِجْلَيْهِ فِي الدُّنْيَا قَادِرًا عَلَى أَنْ يُمْشِيَهُ عَلَى وَجْهِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ قَالَ قَتَادَةُ بَلَى وَعِزَّةِ رَبِّنَا.
1961- Dari Anas bin Malik RA bahwasanya seorang laki-laki bertanya, "Ya Rasulullah, bagaimana mungkin orang kafir akan digiring pada hari kiamat kelak dengan berjalan di atas wajahnya?" Rasulullah SAW menjawab, "Bukankah Allah yang telah menjadikan orang kafir tersebut dapat berjalan di atas kakinya di dunia ini, maka begitu pula Dia juga kuasa membuatnya berjalan di atas wajahnya pada hari kiamat kelak." Qatadah berkata, "Tentu, hal itu demi kemulian Tuhan kami." {Muslim 8/157}
8. Dekatnya Matahari dengan Manusia pada Hari Kiamat
عن سُلَيْم بْن عَامِرٍ حَدَّثَنِي الْمِقْدَادُ بْنُ الْأَسْوَدِ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ تُدْنَى الشَّمْسُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ الْخَلْقِ حَتَّى تَكُونَ مِنْهُمْ كَمِقْدَارِ مِيلٍ قَالَ سُلَيْمُ بْنُ عَامِرٍ فَوَاللَّهِ مَا أَدْرِي مَا يَعْنِي بِالْمِيلِ أَمَسَافَةَ الْأَرْضِ أَمْ الْمِيلَ الَّذِي تُكْتَحَلُ بِهِ الْعَيْنُ قَالَ فَيَكُونُ النَّاسُ عَلَى قَدْرِ أَعْمَالِهِمْ فِي الْعَرَقِ فَمِنْهُمْ مَنْ يَكُونُ إِلَى كَعْبَيْهِ وَمِنْهُمْ مَنْ يَكُونُ إِلَى رُكْبَتَيْهِ وَمِنْهُمْ مَنْ يَكُونُ إِلَى حَقْوَيْهِ وَمِنْهُمْ مَنْ يُلْجِمُهُ الْعَرَقُ إِلْجَامًا قَالَ وَأَشَارَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِيَدِهِ إِلَى فِيهِ.
1962-
Dari Sulaiman bin Amir, dia berkata, "Miqdad bin Aswad RA pernah bercerita kepada saya, dia berkata, 'Saya pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda, 'Pada hari kiamat kelak matahari akan didekatkan kepada manusia hingga jarak antara matahari dengan mereka hanya sekitar satu mil.' Sulaim bin Amir berkata, "Demi Allah, saya tidak tahu apakah yang dimaksud dengan satu mil, apakah seperti ukuran jarak di dunia ataukah mil yang dioleskan untuk celak mata." Sabda Rasulullah SAW selanjutnya, "Pada saat itu, keringat manusia akan tergantung pada amal perbuatannya masing-masing. Di antara mereka ada yang keringatnya sampai menggenangi mata kaki, ada pula yang menggenangi lututnya, ada yang menggenangi pinggangnya, dan adapula yang tenggelam dalam keringatnya." Miqdad berkata, "Rasulullah SAW memberi isyarat tangan kepada mulutnya." {Muslim 8/158}
9. Banyaknya Keringat pada Hari Kiamat
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ الْعَرَقَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ لَيَذْهَبُ فِي الْأَرْضِ سَبْعِينَ بَاعًا وَإِنَّهُ لَيَبْلُغُ إِلَى أَفْوَاهِ النَّاسِ أَوْ إِلَى آذَانِهِمْ يَشُكُّ ثَوْرٌ أَيَّهُمَا قَالَ
1963- Dari Abu Hurairah RA, bahwasanya Rasulullah SAW telah bersabda, "Sesungguhnya keringat manusia pada hari kiamat kelak akan mengalir di bumi {padang Mahsyar} sampai tujuh puluh depa dengan ketinggian mencapai mulut mereka {atau telinga mereka}." Tsaur merasa ragu mulut atau telinga yang diucapkan Rasulullah SAW. {Muslim 8/158}
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يَقُولُ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى لِأَهْوَنِ أَهْلِ النَّارِ عَذَابًا لَوْ كَانَتْ لَكَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا أَكُنْتَ مُفْتَدِيًا بِهَا فَيَقُولُ نَعَمْ فَيَقُولُ قَدْ أَرَدْتُ مِنْكَ أَهْوَنَ مِنْ هَذَا وَأَنْتَ فِي صُلْبِ آدَمَ أَنْ لَا تُشْرِكَ أَحْسِبُهُ قَالَ وَلَا أُدْخِلَكَ النَّارَ فَأَبَيْتَ إِلَّا الشِّرْكَ.
1964- Dari Anas bin Malik RA dari Nabi Muhammad SAW, beliau bersabda, "Allah Subhanahu wa Ta'ala bertanya kepada penghuni neraka yang paling hina siksanya, 'Seandainya sekarang kamu memiliki dunia dan seisinya, apakah kamu akan menjadikannya sebagai tebusan agar kamu terbebas dari neraka?' Para penghuni Neraka  menjawab, "Ya. Kami pasti akan menjadikannya sebagai penebus siksa neraka." Kemudian Allah Subhanahu wa Ta'ala berkata, "Ketika kamu masih berada di dalam sulbi {tulang rusuk} Adam, maka Aku meminta darimu sesuatu yang lebih ringan dari itu, yaitu; 'Janganlah kamu menjadi musyrik agar Aku tidak memasukkanmu ke dalam neraka, tetapi kamu membangkang dengan memilih menjadi musyrik."' {Muslim 8/134}
Share this article :

0 comments:

Kritik Saran, pertanyaan dan laporan Link yang rusak hubungi pemilik blog sms atau telpn. No. Hp. 085220511502 -> Klick home untuk melihat kitab-kitab hadits

Kepada para pengunjung silahkan berkomentar yang sopan. Komentar spam akan di hapus

USAHA BLOG

promo usahablog

Usai berkunjung Like atau share

Bagi para pengunjung Saya Rekomendasikan anda supaya mengklik iklan Ust. YUSUF MANSUR INI. Gratis


Kitab 9 Imam

Download Gratis Kitab 9 Imam

Silahkan download gratis kitab 9 Imam, kilck gambar atau judulnya. Klick home untuk memilih kitab lainya. [...]
Shahih Bukhari

Download Gratis Kitab Shahih Bukhari terjemah

Silahkan download gratis kitab Shahih Bukhari, kilck gambar atau judulnya. Klick home untuk memilih kitab lainya. [...]
Kitab Shahih Muslim

Download Gratis Kitab Shahi Muslim

Silahkan download gratis kitab Shahih Muslim, kilck gambar atau judulnya. Klick home untuk memilih kitab lainya.[...]
Kitab Bulugul Maram

Kitab Bulugul Maram

Silahkan download gratis kitab Shahih Muslim, kilck gambar atau judulnya. Klick home untuk memilih kitab lainya.,[...]

Translate

Followers

BISNIS SEPAKTULER SILAHKAN KLIK GRATIS

Daftar Bisnis Syari'ah di sini

Buku Tamu

Tukar Link

Country visitor


web stats
 
Support : Creating Website | Johny Template | SITUS ISLAM OMA SUPARTANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. SITUS ISLAM OMA SUPARTANA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template