Headlines News :
Home » » Bersiap menghadapi Ramadhan

Bersiap menghadapi Ramadhan

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Persiapan menghadapi Shaum Ramadhan

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,(QS. 2:183).
Ayat suci Al Qur’an tersebut sangat akrab dengan kita, terutama pada saat hendak memasuki bulan suci Ramadhan. Pada hakikatnya, ayat tersebut mensiratkan diwajibkannya shaum sebagi sarana kita untuk melakukan pelatihan guna mencapai predikat sebagai orang yang bertakwa. Dan tiada pahala bagi orang yang bertakwa, kecuali berupa furqan (membedakan yang baik dan buruk), dihapuskan segala kesalahan-kesalahan, diampuni dosa-dosa dan diberikan karunia yang besar (QS Al Anfal: 29).
Untuk memperoleh hasil yang paripurna, dan berhasil memperoleh predikat takwa, tentu diperlukan adanya persiapan, strategi dan managemen waktu yang harus disiapkan dengan baik, sebagaimana yang disampaikan dalam hadits Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam: Barang siapa yang melakukan qiyam Ramadhan dengan penuh iman dan perhitungan, maka diampuni dosanya yang telah lalu (Muttafaqun’aliahi)

.
Berikut adalah beberapa persiapan yang diperlukan untuk menghadapi ramadhanm yang diambil dari beberapa pustaka:
Persiapan mental. Untuk menggapai hasil shaum yang lebih baik tantangannya sangatlah banyak, karena banyak tantangan yang akan dihadapi. Kesuksesan dalam menjalani ibadah shaum akan terlihat dari konsistensi mental seorang muslim dalam menjalankan ibadah tersebut, dari awal sampai akhir.
Persiapan ruhiyah (spiritual). Persiapan ini biasanya dilaksanakan sebelum bulan ramadhan tiba. Rasulullah SAW. memberi contoh kepada umatnya, dengan memperbanyak puasa di bulan Sya’ban, sebagaimana yang diriwayatkan oleh ‘Aisyah RA.: ”Saya tidak melihat Rasulullah SAW. menyempurnakan puasanya, kecuali pada bulan Ramadhan. Dan saya tidak melihat dalam satu bulan yang lebih banyak puasanya kecuali pada bulan Sya’ban” (HR Muslim).
Persiapan akal (fikriyah). Persiapan akal dilakukan dengan tujuan untuk menguasai pengetahuan dan ilmu yang terkait dengan Ramadhan, sehingga pelaksanaan shaum dilakukan dengan ilmu, sesuai dengan yang dilakukan oleh Rasullullah SAW dan para sahabat. Puasa dengan ilmu akan menghindarkan dari pelaksanaan shaum yang hanya memperoleh lapar dan dahaga saja.
Persiapan Fisik dan Materi. Menjalankan shaum Ramadhan memerlukan dukungan fisik yang baik, termasuk kebersihan diri, rumah, mesjid dan lingkungannya. Rasullullah menganjurkan untuk bersiwak (HR. Bukhori dan Abu Daud), berbekam (HR. Bukhori dan Muslim), memperhatikan penampilan dan tidak memulai puasa dengan wajah cemberut (HR. Al-Haitsami). Disamping kebutuhan fisik, persiapan materi yang memadai juga bisa membantu kita untuk khusyu’ dalam beribadah.
Merencanakan Peningkatan Prestasi Ibadah (Syahrul Ibadah). Bulan Ramadhan hendaknya dipersiapkan untuk  peningkatan, ibadah shaum yang lebih baik dari tahun kemarin; peningkatan dalam tilawah, hafalan, pemahaman dan pengamalan Al Qur’an. Disamping itu, direncanakan peningkatan ibadah sosial, seperti memberi makan kaum miskin, membantu kaum yatim ataupun kegiatan lainnya yang dapat meringankan beban hidup orang lain.
Menjadikan Ramadhan sebagai Syahrut Taubah (Bulan Taubat). Bulan Ramadhan adalah saat yang tepat untuk memulai kehidupan baru, bertaubat kembali ke jalan Allah dan meninggalkan hal-hal yang dilarang olehNya, sehingga menjadi orang yang beruntung. Allah SWT. berfirman: “Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung” (QS An-Nuur 31). Rencanakan untuk mengisi bulan Ramadhan dengan memperbanyak istighfar, mengakui kesalahan, meminta maaf dan bertekad untuk memperbaiki diri. Niatkan untuk selalu berdo’a kepada Sang Penguasa kehidupan. Meskipun sudah dijamin akan diampuni seluruh dosanya dan masuk surga, Rasullullah SAW selalu menjadikan bulan Ramadhan untuk terus menerus berdoa, memohon maaf dan ampun.
Selama Ramadhan terdapat satu malam yang sangat populer, yaitu lailatulqadar, malam yang lebih berharga dari seribu bulan. Rasulullah SAW. tidak pernah melewatkan kesempatan untuk meraih lailatul qadar ini terutama malam-malam ganjil. Dalam hal ini Rasulullah SAW. bersabda ”Barang siapa yang shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan ikhlas pada Allah maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” Rencanakan dan niatkanlah untuk menggapai kebaikan dari Allah SWT tersebut.
Menjadikan bulan Ramadhan sebagai Syahrut Tarbiyah dan Da’wah. Ramadhan adalah juga bulan da’wah dan tarbiyah. Tidak hanya para Da’i, tetapi semua kita harus mempersiapkan diri untuk juga turut berda’wah, paling tidak dimulai dari diri sendiri dan keluarga. Persiapkan diri untuk membuka pintu hidayah, ajak diri sendiri, keluarga dan tetangga untuk bersama-sama meneguk keindahan Islam.
Menjadikan Ramadhan sebagai Syahrul Muhasabah (Bulan Evaluasi). Tak kurang penting, akhirnya persiakan diri untuk evaluasi diri, fokuskan untuk mengenali kelemahan diri sekaligus melakukan upaya untuk meningkatkan diri. Ramadhan kali ini harus lebih baik dibandin lebaran tahun kemarin.
Share this article :

0 comments:

Kritik Saran -> Klick home untuk melihat kitab-kitab hadits

Kepada para pengunjung silahkan berkomentar yang sopan. Komentar spam akan di hapus

Download Kitab 9 Imam Gratis


Kitab 9 Imam

Download Gratis Kitab 9 Imam

Silahkan download gratis kitab 9 Imam, kilck gambar atau judulnya. Klick home untuk memilih kitab lainya. [...]
Shahih Bukhari

Download Gratis Kitab Shahih Bukhari terjemah

Silahkan download gratis kitab Shahih Bukhari, kilck gambar atau judulnya. Klick home untuk memilih kitab lainya. [...]
Kitab Shahih Muslim

Download Gratis Kitab Shahi Muslim

Silahkan download gratis kitab Shahih Muslim, kilck gambar atau judulnya. Klick home untuk memilih kitab lainya.[...]
Kitab Bulugul Maram

Kitab Bulugul Maram

Silahkan download gratis kitab Shahih Muslim, kilck gambar atau judulnya. Klick home untuk memilih kitab lainya.,[...]

Artikel ini Di Baca Ribuan Orang

Followers

 
Support : Creating Website | Johny Template | SITUS ISLAM OMA SUPARTANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. SITUS ISLAM UNTUK PENCERAHAN - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template