Headlines News :
Home » » PERBEDAAN IDUL FITRI DI INDONESIA

PERBEDAAN IDUL FITRI DI INDONESIA

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم



Uniknya Negeri Kita: Lebaran 2012 ada yg Pilih hari Kamis, Jum'at, Sabtu dan Minggu


Hari KAMIS Ini Jemaah Tarekat Saman Padang Lebaran
Kamis, 16 Agustus 2012 | 15:22 WIB



TEMPO.CO, Padang - Puluhan jemaah tarekat Saman di Surau Carobong, Kelurahan Koto Panjang, Kecamatan Koto Tangah, Padang, melaksanakan salat Idul Fitri, Kamis, 16 Agustus 2012. "Kita pagi tadi sudah melaksanakan salat Idul Fitri, setelah melaksanakan puasa 30 hari di bulan Ramadhan," ujar Imam Surau Carobong, Syafar.

Sebelumnya, jemaah tarekat Saman menetapkan 1 Ramadhan 1433, pada Selasa 17 Juli 2012. "Jadi penetapan Idul Fitri, kita hitung 30 hari sejak awal Ramadhan," ujar Syafar di rumahnya, Kamis, 16 Agustus 2012. Penetapan awal Ramadan itu, kata Syafar melihat bulan purnama pada bulan Sya''ban. "Jika bulan purnama terlihat, itu berarti sudah 15 Sya''ban. Jadi kita hitung saja 15 hari kedepannya untuk awal Ramadhan," ujarnnya.

Menurut Syafar, tarekat ini sudah ada ratusan tahun yang lalu. Yang membawa aliran ini aalah murid dari Syekh Burhanuddin di Padang Pariaman. "Jadi tarekat ini pecahan dari murid-muridnya Syekh Burhanuddin," ujarnya. Syafar mengatakan pada dasarnya hakikat dari tarekat ini sama dengan ajaran Islam lainnya. Namun, dari sisi salat perbedaanya pada saat i''tidal. Hanya satu tangan yang diangkat. "Ini hanya menandakan kita seperguruan," ujarnya. Ketua RT 05 RW 05 Carobong, Sutrisman, mengatakan 30 kepala keluarga di daerahnya melaksanakan salat Idul Fitri pada hari ini. "Ya, kita bersama-sama tadi di Surau Carobong salatnya," ujarnya.
http://ramadan.tempo.co/konten_berit...Padang-Lebaran




Jamaah Tarekat Naqsyabandiyyah Padang Lebaran Hari JUM'AT Ini
Jumat, 17 Agustus 2012 15:36 WIB

PADANG--MICOM: Sekitar 2.500 jamaah tarekat Naqsyabandiyyah di Kota Padang merayakan Idul Fitri 1433 Hijriah hari ini, Jumat (17/8). Shalat Ied sendiri dipusatkan di Musala Baitul Makmur, Kelurahan Cupak Tangah, Kecamatan Pauh, pukul 08.00 WIB. Shalat Ied pagi tadi tersebut berjalan dengan hikmah. Buya Piri selaku mursyid (guru) terekat Naqsyabandiyyah di Baitul Makmur bertindak sebagai khatib, sementara imam salat dipangku Edizon Revindo, Sekretaris tarekat Naqsyabandiyyah Padang. "Jamaah yang ikut shalat Ied di Mushalla Baitul Makmur sekitar 500 orang. Jamaah tidak hanya dari Padang, tapi juga dari Kabupaten Pesisir Selatan, Solok, Pasaman Barat, dan Pariaman," kata Buya Piri.

Shalat Ied yang berlangsung sekitar sejam itu hampir sama dengan salat Ied yang dilakukan umat Islam secara umum. Pembedanya mungkin terletak pada khotbah, yang disampaikan dalam bahasa Arab. Edizon mengatakan bahasa Arab diyakini lebih afdol dalam menyampaikan khotbah. Meskipun demikian, jelasnya, sebelum salat Ied dimulai, khatib menyampaikan dahulu intisari khotbah kepada para jamaah melalui bahasa yang dimengerti. "Intisari khotbah kebanyakan memakai bahasa Minang dan sedikit bahasa Indonesia," ujarnya.
http://www.mediaindonesia.com/read/2...baran-Hari-Ini


Jamaah An Nadzir Lebaran Hari JUM'AT Ini, Sholat Id Besok
Jumat, 17 2012 01:37



GOWA, PESATNEWS – Jamaah An Nadzir merayakan Idul Fitri hari ini, Jumat (17/8). Namun mereka menunda pelaksanaan Sholat Idul Fitri karena menghargai hari Kemerdekaan Indonesia. Komunitas pimpinan Ustadz Lukman A Bakti di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan ini menentukan waktu Idul Fitri berdasarkan hasil penghitungan tanda-tanda perpindahan bulan.

Untuk menentukan perpindahan bulan, dari bulan Ramadan ke bulan Syawal, jamaah An Nadzir menggunakan metode pengamatan tanda-tanda alam. Caranya dengan mengukur tingkat air pasang tertinggi pada permukaan laut di tempat terpisah, yakni di Pantai Galesong, Kabupaten Takalar, pantai di Palopo, Sulsel dan pantai di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Namun untuk menghormati peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-67, jamaah An Nadzir menunda sehari pelaksanaan salat Ied. Rencananya, salat Ied digelar di areal perkebunan sawit, Kelurahan Mawang, Kec. Somba Opu, Gowa, Sulsel, Sabtu (18/8). "Dahulu, Nabi Muhammad juga pernah menunda pelaksanaan salat Ied karena bertepatan dengan hari raya kaum Yahudi, hal tersebut sebagai bentuk penghormatan Nabi pada kaum Yahudi waktu itu. Kami mengambil keputusan menunda pelaksanaan salat Ied untuk menghormati pelaksanaan HUT Kemerdekaan RI, untuk menghormati jasa para Syuhada yang gugur untuk memperjuangkan kemerdekaan negara ini," ujar Lukman.

Jamaah An Nadzir bermukim di lahan pertanian sekitar 8 hektar di kampung Mawang, sekitar 20 kilometer dari Kota Makassar. Mereka bercocok tanam padi dan mengembangkan perikanan air tawar. Jamaah An Nadzir identik dengan rambut gondrong pirang dan pakaian hitam bagi kaum prianya, sedangkan kaum wanitanya dominan menggunakan jubah dan cadar.
http://www.pesatnews.com/read/2012/0...holat-id-besok


MINGGU, Warga Muhammadiyah Lebaran
Jumat, 17 Agustus 2012 04:15 WIB



BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Warga Muhammadiyah Belitung dipastikan akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1433 Hijriah/2012 Masehi, Minggu (19/8/2012). Sementara, pemerintah melalui Kementerian Agama rencananya baru akan menetapkan 1 Syawal dalam sidang Isbat di Jakarta, Sabtu (18/8/2012) sore.

Wakil Ketua II Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Belitung Faruk
mengatakan, pihaknya tetap merujuk pada penetapan 1 Syawal berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. Dari hasil tersebut, PP Muhammadiyah menetapkan 1 Syawwal 1433 H jatuh pada hari Minggu, 19 Agustus 2012. "Lebaran tahun ini jatuh pada hari Minggu, 19 Agustus 2012, jadi bagi warga Muhammadiyah di Belitung sudah bisa melaksanakan Sholat Ied pada Minggu pagi," kata Faruk kepada bangkapos.com, Selasa (14/8/2012) sore.

Faruk mengatakan penetapan 1 Syawal ini tak hanya diperuntukkan bagi warga Muhammadiyah saja. Masyarakat umum yang ikut menyakini 1 Syawal jatuh pada hari Minggu juga bisa melaksanakan Sholat Ied dan merayakan Idul Fitri bersama warga Muhammadiyah. "Kita terbuka, tidak hanya untuk Muhammadiyah saja, kalau ada dari masyarakat yang ikut menyakini 1 Syawal itu jatuh pada Minggu, mari
kita sama-sama," kata Faruk.
http://bangka.tribunnews.com/2012/08...adiyah-lebaran

Bahiroh Lebaran SABTU

Sejumlah komunitas Islam hari Sabtu (19/9) sudah melakukan solat Idul Fitri, di antaranya Jamaah An-Nazir di Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) dan jemaah Ainul Bahiroh desa Keras Kecamatan Diwek Jombang Jawa Timur.
http://www.kampungtki.com/baca/5212
Share this article :

0 comments:

Kritik Saran -> Klick home untuk melihat kitab-kitab hadits

Kepada para pengunjung silahkan berkomentar yang sopan. Komentar spam akan di hapus

Download Kitab 9 Imam Gratis


Kitab 9 Imam

Download Gratis Kitab 9 Imam

Silahkan download gratis kitab 9 Imam, kilck gambar atau judulnya. Klick home untuk memilih kitab lainya. [...]
Shahih Bukhari

Download Gratis Kitab Shahih Bukhari terjemah

Silahkan download gratis kitab Shahih Bukhari, kilck gambar atau judulnya. Klick home untuk memilih kitab lainya. [...]
Kitab Shahih Muslim

Download Gratis Kitab Shahi Muslim

Silahkan download gratis kitab Shahih Muslim, kilck gambar atau judulnya. Klick home untuk memilih kitab lainya.[...]
Kitab Bulugul Maram

Kitab Bulugul Maram

Silahkan download gratis kitab Shahih Muslim, kilck gambar atau judulnya. Klick home untuk memilih kitab lainya.,[...]

Artikel ini Di Baca Ribuan Orang

Followers

 
Support : Creating Website | Johny Template | SITUS ISLAM OMA SUPARTANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. SITUS ISLAM UNTUK PENCERAHAN - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template