Headlines News :
Home » » Manfaat Sinar Matahari Bagi Kehidupan

Manfaat Sinar Matahari Bagi Kehidupan

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Sahabat Bloger inilah beberapa manfaat dari sinar matahari bagi kehidupan di bumi.

Manfaat Energi Panas Matahari
Salah satu manfaat energi panas matahari yang lain adalah membantu proses terbnetuknya awan. Dengan menguapkan permukaan yang berair sehingga air menguap dan mengkristal membentuk awan. Setelah awan tadi terbentuk matahari akan terus menyinari awan tersebut dan membuatnya kembali menjadi cair. Proses alam yang seperti ini lah yang disebut hujan.
Hujan tidak akan mampu turun tanpa adanya matahari karena proses awal mula pembentukan awan berasal dari pengkristalan air yang ada di bumi yang dibantu dengan energi panas matahari. Selain itu, karena gravitasi matahari yang menarik planet sehingga planet mengelilingi matahari, kita bisa mengetahui kita tidak akan bisa hidup tanpa adanya sinar matahari. Bayangkan saja jika tidak terdapat sinar matahari, pastinya kita akan langsung kedinginan begitu kita lahir.
Manfaat Energi Panas Matahari Bagi Makhluk Hidup
Contoh lain dalam manfaat energi panas matahari bagi makhluk hidup adalah kita bisa beristirahat dngan baik. Beberapa peneliti mengungkapkan bahwa jika kita terpapar sinar matahari selama kurang lebih 6 jam setiap harinya, maka kita akan menjadi segar pada saat malam hari. Itulah mengapa seseorang akan sangat mudah kantuk ketika malam tiba karena kita sudah diberi oleh pencahayaan lampu buatan yang membuat mata kita menjadi berat.
Selain itu, manfaat energy matahari juga bisa dimanfaatkan sebagai pereda rasa sakit. Banyak pasien pasien yang ada di rumah sakit yang menggunakan terapi sinar matahari sebagai media alternatif penyembuhanya dan lebih sedikit dalam mengkonsumsi obat.
Manfaat Energi Matahari Bagi Manusia
Jelas bahwa ada banyak manfaat energi matahari bagi manusia. Salah satunya adalah mampu membakar lemak. Lemak yang dimaksut disini tidak hanya lemak yang berada di jaringan kulit saja, namun lemak yang nantinya akan berujung ke penyakit kolesterol dan juga penyakit jantung, Lemah akan perlahan akan luruh dan menjauhkan pula dari berbagai macam penyakit apabila kita rajin untuk terkena sinar matahari.
Selain itu, berbagai peneliti juga mengungkapkan jika sinar matahari juga bagus untuk memaksimalkan metabolism di dalam tubuh kita. Namun, sebelum kita ingin menyinari tubuh kita dengan matahari, kita harus bertanya kepada ahlinya terlebih dahulu. Kita tidak bisa langsung menyinari tubuh kita dengan sinar matahari untuk mengurangi kandungan lemak yang ada di dalam tubuh.
Contoh lain dari manfaat sumber energi matahari adalah membantu dalam mengatur masa hidup manusia. Nah, untuk contoh yang satu ini, kita tidak bisa mengira-ngira karena memang masa hidup manusia ada di tangan Yang Maha Kuasa, namun para peneliti bisa mengungkapkan hal seperti itu karena memang ada benarnya.
Manfaat Matahari Bagi Kehidupan Manusia
Membantu membakar lemak
Seperti yang sudah dijelaskan tadi matahari sangat berguna untuk membantu membakar lemak.  Lemak yang dimasud tak hanya lemak yang berada di bawah jaringan kulit, tetapi juga lemak yang dapat menyebabkan kolesterol dan penyakit jantung. Namun tak hanya itu saja, matahari juga dapat memaksimalkan fungsi metabolisme tubuh.
Membantu proses pengeringan
Sudah menjadi rahasia umum jika matahari dapat digunakan untuk membantu proses pengeringan. Dengan panas matahari tersebu, tentunya kita dapat mengeringkan pakaian, kerupuk, ikan asin dan bahkan dapat membantu dalam proses pemanenan garam. Tak hanya itu saja, matahari juga dapat membantu proses terbentuknya awan. Setelah awan terbentuk matahari akan menyinarinya dan membuatnya kembali mencari menjadi peristiwa alam yang disebut hujan.
Sumber energi paling besar
Manfaat matahari bagi kehidupan manusia berikutnya adalah sebagai sumber energi yang paling besar. Bagi alam semesta, terutama bumi, matahari digunakan sebagai salah satu sumber energi alternatif untuk kehidupan.
Mengatur tata surya
Seperti yang kita ketahui matahari merupakan pusat dari tata surya. Oleh karena itu lanet dan satelitnya berevolusi sambil berotasi mengelilingi matahari. Lantas mengapa hal ini bisa terjadi? Ini karena gaya gravitasi matahari menarik planet sehingga planet-planet berevolusi mengelilinginya dan membentuk tatanan surya yang disebut galaksi Bimasakti.
Berguna untuk manusia
Matahari merupakan sumber utama bagi setiap makhluk hidup, tak terkecuali dengan tumbuhan. Tumbuhan membutuhkan sinar matahari untuk melakukan fotosintesis.  Fotosintesis menghasilkan okisgen yang akan membawa dampak bagi kehidupan di bumi. Tanpa matahari maka tumbuhan akan mati karena tidak dapat memasak untuk kebutuhan  dirinya.
Membantu beristirahat dengan lebih baik
Beberapa sumber menyebutkan bahwa jika seseorang yang terpapar sinar matahari kurang lebih 6 jam dalam setiap harinya dapat membuatnya menjadi lebih segar di petang hari. Hal ini  akan membuat Anda merasa mengantuk. Sehingga kualitas tidur Anda akan lebih baik.
Itulah contoh singkat mengenai manfaat energi matahari bagi kehidupan dan semua makhluk hidup yang ada di bumi.


Share this article :

0 comments:

Kritik Saran -> Klick home untuk melihat kitab-kitab hadits

Kepada para pengunjung silahkan berkomentar yang sopan. Komentar spam akan di hapus

Download Kitab 9 Imam Gratis


Kitab 9 Imam

Download Gratis Kitab 9 Imam

Silahkan download gratis kitab 9 Imam, kilck gambar atau judulnya. Klick home untuk memilih kitab lainya. [...]
Shahih Bukhari

Download Gratis Kitab Shahih Bukhari terjemah

Silahkan download gratis kitab Shahih Bukhari, kilck gambar atau judulnya. Klick home untuk memilih kitab lainya. [...]
Kitab Shahih Muslim

Download Gratis Kitab Shahi Muslim

Silahkan download gratis kitab Shahih Muslim, kilck gambar atau judulnya. Klick home untuk memilih kitab lainya.[...]
Kitab Bulugul Maram

Kitab Bulugul Maram

Silahkan download gratis kitab Shahih Muslim, kilck gambar atau judulnya. Klick home untuk memilih kitab lainya.,[...]

Artikel ini Di Baca Ribuan Orang

Followers

 
Support : Creating Website | Johny Template | SITUS ISLAM OMA SUPARTANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. SITUS ISLAM UNTUK PENCERAHAN - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template