Headlines News :
Home » » Banjir di Baleendah, Dayehkolot dan Bojongsoang Mencapai 3.3 Meter

Banjir di Baleendah, Dayehkolot dan Bojongsoang Mencapai 3.3 Meter

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


banjir-bandung-20
Banjir di Kabupaten Bandung mengagetkan semua pihak. Impak luasan wilayah yang diterjang banjir, ditambah dengan fakta bahwa ketinggian air banjir sampai menyentuh angka 3,3 meter membuat banjir Bandung di tahun 2016 ini jadi yang terburuk sepanjang 10 tahun terakhir.
Jika dilihat dari penyebabnya, banjir Kabupaten Bandung terjadi karena luapan air Sungai Citarum. Kondisi topografi area hulu Sungai Citarum yang berupa cekungan seperti bentuk mangkok menjadikan risiko banjir di kawasan Kabupaten Bandung ini begitu tinggi. Wajar jika setiap tahunnya kawasan Dayeuhkolot, Cicalengka, Rancaekek dan sekitarnya tak pernah luput diterjang banjir.
Apalagi ditambah dengan curah hujan dengan intensitas ekstrem selama sepekan terakhir di pertengahan Maret 2016, makin menambah parah risiko banjir Kabupaten Bandung.
Walau hari ini, Senin (14/3) dikabarkan banjir Kabupaten Bandung sudah mulai surut, namun warga masih belum bisa sepenuhnya melepaskan ketakutan. Sebab,lihat saja bagaimana pergerakan awan hujan yang nampak di citra satelit rilisan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di laman satelit.bmkg.go.id.
Nampak jelas pegerakan citra awan hujan begitu masif bergerak berkumpul dan menjadi kumpulan awan cumulonimbus di atas langit Jawa Barat. Jika hujan datang lagi, maka ketakutan akan banjir susulan di Kabupaten Bandung akan terulang kembali.
Maret 2016 ini memang menjadi mimpi buruk bagi sebagian besar warga Kabupaten Bandung. Tanpa diduga banjir bisa datang sangat cepat, luapan sungia Citarum tiba-tiba meluap parah setelah hujan deras pada Sabtu sore, 12 Maret 2016.
Banjir pun menerjang sangat cepat, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bandung Tata Irawan membenarkan bahwa banjir Kabupaten Bandung di tahun ini adalah yang terburuk dan menjadi banjir terbesar selama beberapa tahun terakhir. Hujan deras yang terjadi berbarengan di Bandung dan beberapa dataran tinggi di Jawa Barat, seperti seperti Garut dan Sukabumi menambah deras arus sungai Citarum.
Topografi Kabupaten Bandung yang berupa cekungan akhirnya menjadi daerah pertama yang menerima luapan Sungai Citarum. Pemukiman warga rata-rata terendam banjir setinggi 1 sampai 2 meter. Titik tertinggi banjir di kabupaten Bandung terletak di Bojong, bisa menyentuh sampai 3 meter!
Sebelumnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho sudah merilis informasi resmi bahwa banjir besar melanda Kabupaten Bandung, menerjang 15 kawasan sekaligus. Meliputi Cicalengka, Rancaekek, Cileunyi, Solokan Jeruk, Majalaya, Ciparay, Baleendah, Dayeuhkolot, Bojongsoang, Pameungpeuk, Banjaran, Arjasri, Cangkuang, Katapang dan Kutawaringin.
24 ribu lebih jiwa terdampak banjir, dan jumlah pengungsian mencapai 3 ribu jiwa
Share this article :

0 comments:

Kritik Saran -> Klick home untuk melihat kitab-kitab hadits

Kepada para pengunjung silahkan berkomentar yang sopan. Komentar spam akan di hapus

Download Kitab 9 Imam Gratis


Kitab 9 Imam

Download Gratis Kitab 9 Imam

Silahkan download gratis kitab 9 Imam, kilck gambar atau judulnya. Klick home untuk memilih kitab lainya. [...]
Shahih Bukhari

Download Gratis Kitab Shahih Bukhari terjemah

Silahkan download gratis kitab Shahih Bukhari, kilck gambar atau judulnya. Klick home untuk memilih kitab lainya. [...]
Kitab Shahih Muslim

Download Gratis Kitab Shahi Muslim

Silahkan download gratis kitab Shahih Muslim, kilck gambar atau judulnya. Klick home untuk memilih kitab lainya.[...]
Kitab Bulugul Maram

Kitab Bulugul Maram

Silahkan download gratis kitab Shahih Muslim, kilck gambar atau judulnya. Klick home untuk memilih kitab lainya.,[...]

Artikel ini Di Baca Ribuan Orang

Followers

 
Support : Creating Website | Johny Template | SITUS ISLAM OMA SUPARTANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. SITUS ISLAM UNTUK PENCERAHAN - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template