Headlines News :
Home » » Fenomena Langka Gerhana Matahari Total Rabu Pagi 9 Maret 2016

Fenomena Langka Gerhana Matahari Total Rabu Pagi 9 Maret 2016

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


GERHANA Matahari Total (GMT) yang akan terjadi Rabu pagi, 9 Maret 2016 merupakan gerhana yang istimewa. Inilah sebabnya berita tentang fenomena alam semesta ini sangat digembar-gemborkan di seluruh dunia, bahka sejak dua tahun lalu.
Momen kali ini istimewa karena gerhana totalnya hanya dapat dinikmati di Indonesia. Selain itu, siklus serupa hanya dapat terulang setiap 300 tahun sekali.
Menurut Ahli Astronomi dari Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Banda Aceh, Dr Suhrawardi Ilyas SSi MSc, gerhana matahari terjadi disebabkan siklus astronomi. Saat itu, bumi, bulan, dan matahari berada dalam satu garis lurus. Saat itu bulan berada di tengah matahari dan bumi. Cahaya matahari terhalang oleh bulan, sehingga Bumi menjadi gelap walaupun siang hari. Sebagian wilayah bumi akan gelap dalam waktu tertentu walau seharusnya terang benderang.
Dikatakan, pada dasarnya siklus gerhana matahari terjadi dalam rentang waktu 18 tahun sekali di tempat berbeda. Kali ini meliputi Indonesia dan sebagian kawasan Pasifik. Siklus yang terjadi di tahun 2016 ini disebut Siklus Saros. Siklus serupa atau di tempat yang sama hanya terjadi 300 tahun sekali. Dalam kurun waktu itu 18 tahun bisa terjadi gerhana hingga 70 kali gerhana yang terdiri atas gerhana bulan atau gerhana matahari sebagian. Kali ini tergolong istimewa karena siklus yang sama hanya terulang setiap 300 tahun sekali. Durasi gelap totalnya juga tergolong lama hingga 7 menit.
Walau gerhana matahari pernah terjadi pada tahun 1983, 1988, dan 1995 namun gerhana matahari total 2016 merupakan yang pertama di abad 21 ini di wilayah Nusantara. Jadi, warga hanya dapat menyaksikannya sekali seumur hidup untuk siklus gerhana serupa. Untuk itu jangan lewatkan menyaksikannya. Gerhana matahari tidak berbahaya namun disarankan melihatnya dengan teleskop, kacamata gerhana, klise film, atau kacamata riben yang paling gelap. Ini bertujuan agar matahari dapat terlihat dengan mudah tanpa silau. Pasalnya, perubahan cahaya secara umum bisa mengganggu retina.
Dulu, pada tahun 1983 sempat beredar isu bahwa melihat matahari bisa menyebabkan kebutaan. Hal ini dipercayai secara massal oleh penduduk Indonesia. Ternyata isu itu tidak benar. Justru saat ini penduduk dunia menganggap gerhana jadi sebuah pemandangan yang menarik untuk disaksikan.
Alumnus Univerty of New South Wales (UNSW) Australia tahun 2007 yang juga anggota Badan Hisab dan Rukyah (BHR) Aceh ini mengatakan, gerhana kali ini sangat ditunggu-tunggu oleh ilmuan di seluruh belahan dunia. Bahkan para ilmuan dari dunia barat sengaja mendatangi kawasan Indonesia yang nantinya mengalami gerhana matahari total. Tak tanggung-tanggung, mereka berjumlah ribuan dan telah memesan hotel sejak dua tahun lalu dan menyebar di seluruh Indonesia.
Share this article :

0 comments:

Kritik Saran -> Klick home untuk melihat kitab-kitab hadits

Kepada para pengunjung silahkan berkomentar yang sopan. Komentar spam akan di hapus

Download Kitab 9 Imam Gratis


Kitab 9 Imam

Download Gratis Kitab 9 Imam

Silahkan download gratis kitab 9 Imam, kilck gambar atau judulnya. Klick home untuk memilih kitab lainya. [...]
Shahih Bukhari

Download Gratis Kitab Shahih Bukhari terjemah

Silahkan download gratis kitab Shahih Bukhari, kilck gambar atau judulnya. Klick home untuk memilih kitab lainya. [...]
Kitab Shahih Muslim

Download Gratis Kitab Shahi Muslim

Silahkan download gratis kitab Shahih Muslim, kilck gambar atau judulnya. Klick home untuk memilih kitab lainya.[...]
Kitab Bulugul Maram

Kitab Bulugul Maram

Silahkan download gratis kitab Shahih Muslim, kilck gambar atau judulnya. Klick home untuk memilih kitab lainya.,[...]

Artikel ini Di Baca Ribuan Orang

Followers

 
Support : Creating Website | Johny Template | SITUS ISLAM OMA SUPARTANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. SITUS ISLAM UNTUK PENCERAHAN - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template