Headlines News :
Home » » Surga dan Neraka : Penjelasan Singkat tentang surga dan neraka

Surga dan Neraka : Penjelasan Singkat tentang surga dan neraka

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم



Surga dan neraka itu secara definisi adalah dua tempat tinggal abadi di kehidupan akhirat kelak, yang akan dihuni oleh semua manusia yang pernah hidup dari awal sampai akhir zaman sesuai dengan amal perbuatan mereka masing-masing selama di dunia.
Surga dan neraka telah diciptakan Allah SWT dan keberadaan keduanya adalah kekal. Allah lebih dahulu menciptakan surga dan neraka sebelum menciptakan malaikat dan jin. Surga dan neraka itu masing-masing memiliki perbedaan. Surga merupakan tempat yang penuh kesenangan dan tidak ada lagi tempat yang dapat menyerupai surga. Surga adalah balasan yang luar biasa yang disediakan oleh Allah untuk hamba-hamba yang dicintai-Nya, dan yang Taat kepada-Nya. Kenikmatan di surga nanti jauh lebih besar dari kesenangan yang kita peroleh di dunia sekarang ini, karena kenikmatan surga adalah kekal sedangkan kesenangan duniawi hanya untuk sementara. Di surga kita tidak mengenal hal-hal yang tidak mengenakkan, kita tidak akan merasa lapar, haus, kepanasan, rasa ingin buang air, sakit hati, sedih, lelah, atau semacamnya. Penghuni surga makan bukan karena lapar, minum bukan karena haus, dan mereka tidak pernah pula tidur, sebab tidur adalah saudara kematian. Penghuni surga nantinya saat memasuki pintu surga, dalam bentuk rupa yang paling sempurna, seperti Nabi Adam AS. Karena tidak ada manusia yang lebih sempurna dan lebih rupawan dari Adam, manusia pertama yang diciptakan Allah SWT. Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda:
"Allah SWT telah menciptakan Adam dalam bentuk tersendiri dengan tinggi enam puluh hasta. Setiap orang yang masuk surga akan sama bentuknya dengan Adam, yakni tingginya enam puluh hasta. Manusia semakin lama semakin pendek setelah zaman Adam."
Penghuni  surga akan selalu mendapatkan apapun yang mereka inginkan. Di surga, wajah mereka akan bersinar seperti bulan purnama. Usia mereka akan tetap muda, sekitar 33 tahun di mana manusia berada pada puncak kekuatan, vitalitas, dan kemudaannya. Ucapan penghuni surga hanyalah ucapan-ucapan yang baik, jauh dari ucapan kotor dan memalukan seperti yang sering kita dengar saat di dunia ini. Pokoknya, masih banyak lagi kenikmatan maupun kesenangan lainnya yang ada di surga, saking banyaknya, Saya pun terbatas membicarakannya.

Lain halnya dengan surga, neraka adalah tempat tinggal yang disediakan Allah untuk orang-orang yang tidak beriman kepada-Nya, tidak menjalankan perintah-Nya, dan melanggar larangan-Nya. Neraka itu tempat hukuman musuh-musuh Allah dan penjara bagi orang-orang yang berbuat jahat. Neraka merupakan tempat siksaan yang paling hina dan tidak ada lagi tempat yang lebih buruk dari neraka. Neraka abadi, dan penghuninya akan kekal di dalam sana untuk selamanya, namun terkecuali bagi yang dikehendaki Allah untuk dikeluarkan. Lokasi neraka itu hanya Allah yang mengetahui, walaupun ada berbagai pendapat mengenai letak neraka itu di dalam perut bumi, namun hal tersebut salah karena lokasi neraka itu rahasia Illahi, Wallahualam. Penggambaran mengenai luas dan dalamnya neraka; pertama, setiap orang yang masuk neraka ukuran tubuhnya akan jauh lebih besar dari saat mereka di dunia. Bahkan jarak antara bahu kanan dan kiri mereka hampir sama dengan tiga hari perjalanan kaki. Bayangkan, bila manusia yang masuk neraka dari zaman Nabi Adam sampai saat ini saja sudah banyak, apalagi nanti sampai saat akhir zaman? Neraka akan menampung begitu banyak manusia-manusia kafir dengan ukuran tubuh mereka yang begitu besar pula. Kedua, apabila sebuah batu dilemparkan ke dalam neraka, maka akan membutuhkan waktu kira-kira tujuh puluh tahun lamanya untuk sampai ke dasar neraka. Berarti, dengan kedua penggambaran tersebut kita tidak dapat membayangkan betapa luasnya neraka. Betapa luasnya ciptaan Allah tersebut untuk menghukum hamba-hamba-Nya yang kafir dan berbuat dosa. Tadi sudah dikatakan sebelumnya, bahwa neraka merupakan tempat yang penuh siksaan dan azab, nah siksaan yang bagaimanakah itu? Ada hadist Bukhari yang meriwayatkan dari An-Nu'man ibn Basyir mendengar Rasulullah pernah bersabda "Orang yang akan menerima hukuman paling ringan di neraka nanti adalah orang yang di bawah telapak kakinya ditaruh bara yang menyala, yang akan membuat otaknya mendidih."
Selain itu, ada api neraka yang membakar dan menghanguskan kulit. Kulit adalah bagian tubuh yang paling sensitif, inilah alasannya mengapa Allah akan mengganti kulit yang terbakar dengan kulit baru untuk kemudian dibakar lagi, diganti dan dibakar lagi, diganti dan dibakar lagi terus menerus, proses tersebut akan berlangsung tanpa henti. Azab Allah yang mengerikan lainnya lagi adalah akan diseretnya wajah penghuni neraka di atas nyala api, dan dibolak-balikkan wajah mereka di dalam api yang panas, seperti kita saat sedang membakar ayam atau ikan di atas panggangan. Allah juga akan menghitamkan wajah penghuni neraka seperti malam yang gelap gulita. Kemudian penghuni neraka akan menangis memohon ampunan kepada Allah, tapi sungguh Allah tidak akan mengampuni mereka lagi jika telah sampai di akhirat.
Share this article :

0 comments:

Kritik Saran -> Klick home untuk melihat kitab-kitab hadits

Kepada para pengunjung silahkan berkomentar yang sopan. Komentar spam akan di hapus

Download Kitab 9 Imam Gratis


Kitab 9 Imam

Download Gratis Kitab 9 Imam

Silahkan download gratis kitab 9 Imam, kilck gambar atau judulnya. Klick home untuk memilih kitab lainya. [...]
Shahih Bukhari

Download Gratis Kitab Shahih Bukhari terjemah

Silahkan download gratis kitab Shahih Bukhari, kilck gambar atau judulnya. Klick home untuk memilih kitab lainya. [...]
Kitab Shahih Muslim

Download Gratis Kitab Shahi Muslim

Silahkan download gratis kitab Shahih Muslim, kilck gambar atau judulnya. Klick home untuk memilih kitab lainya.[...]
Kitab Bulugul Maram

Kitab Bulugul Maram

Silahkan download gratis kitab Shahih Muslim, kilck gambar atau judulnya. Klick home untuk memilih kitab lainya.,[...]

Artikel ini Di Baca Ribuan Orang

Followers

 
Support : Creating Website | Johny Template | SITUS ISLAM OMA SUPARTANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. SITUS ISLAM UNTUK PENCERAHAN - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template